Wednesday 20 March 2013

Baluran

Taman Nasional Baluran yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jatim, memiliki keindahan alam yang luar biasa, terutama hamparan padang sabana dan taman lautnya. Eksotika alam terbuka yang wilayahnya terletak di jalur utama Jawa-Bali itu menjadi alternatif wisata saat liburan, khususnya bersama keluarga.

Padang sabana di Baluran luasnya sekitar 400 hektare yang berada di Blok Bekol. Di padang rumput yang luas itu, pengunjung bisa melihat sekawanan satwa, seperti rusa. Atau kalau malam hari bisa melihat kerbau dan banteng. Yang tak kalah menariknya adalah sekumpulan burung merak di alam terbuka. Merak dikenal dengan keindahan bulunya saat dimekarkan.

Untuk menuju ke lokasi taman nasional baluran yang terkenal dengan bantengnya itu, sangat mudah karena terletak di pinggir jalan. Kantor taman nasional itu terletak di dekat perbatasan antara wilayah Kabupaten Situbondo dengan Banyuwangi. Selain pemandangan alam berupa sabana, taman nasional baluran ini juga memiliki keindahan alam laut di Pantai Bama yang terletak sekitar 15 Km dari kantor atau sekitar tiga kilometer dari padang sabana. Lokasi itu cukup panjang, yakni garis pantainya sekitar satu kilometer. Kalau di airnya, sangat cocok bagi yang suka snorkling atau bermain kano. Snorkling menjanjikan kepuasan mata karena keindahan karang lautnya. Objek lain adalah wisata mangrove di wilayah itu.

0 comments:

Post a Comment