Sunday 26 January 2014

Sort Review From My Journey Des 2013

Intermezzo
Baluran...sebuah destinasi yang sudah sejak lama ingin saya ~The Tensai~ kunjungi, sebuah tempat yang seringkali disebut Africa Van Java...Nah, mengisi libur Natal dan Tahun Baru kemarin, saya melakukan perjalanan ke Baluran dan sekaligus mengunjungi beberapa tempat lain di Jawa Timur, yaitu Red Island, Tanjung Papuma, Ranu Klakah, dan Ranu Pakis.

The journey start
Untuk persiapan perjalanan kali ini, sudah saya siapkan jauh-jauh hari sebelumnya berbekal informasi yang saya kumpulkan dari internet dan dari beberapa teman saya =). Perjalanan bermula di hari Kamis, tepatnya tanggal 26 Desember 2013. Menempuh jalan darat selama kurang lebih 7 jam (include sarapan) cukup terasa, tetapi rasa penat itu sirna ketika memasuki gerbang Taman Nasional Baluran.

4 days of  "my escape"
Akhirnya penantian lama untuk bisa merasakan aura Baluran berakhir. Ketenangan yang ada di savana akan memberikan sebuah sensasi tersendiri, terutama apabila kita menikmati savana dari watch tower. Tempat yang umum dikunjungi di Baluran adalah Savana Bekol dan Pantai Bama, tetapi sebenarnya banyak area lain dari Baluran yang butuh waktu cukup lama apabila ingin di explore. Sebut saja Sumber Mata Air Kacip yang menurut ranger disana dapat di tempuh kurang lebih 5 jam, juga ada pantai yang disebut-sebut memiliki pemandangan yang indah yaitu Pantai Bilik dan Sijile.

Bagi para penggemar fotografi atau pemerhati flora fauna sepertinya akan betah berlama-lama di Baluran. Agak susah sebenarnya menjabarkan secara detail mengenai Baluran apabila anda tidak mengunjunginya secara langsung, Mungkin foto-foto ini dapat membantu....




Saya berada di Baluran selama 2 hari. Pagi hari di hari ketiga saya menuju destinasi lainnya yaitu Red Island atau Pulau Merah yang sering disebut orang sebagai Kuta nya Banyuwangi. Butuh waktu kurang lebih 4 jam perjalanan darat dari Baluran ke Red Island.

Tidak banyak yang bisa saya sharing tentang Red Island, tapi memang itu adalah salah satu pantai yang indah yang pernah saya kunjungi, bahkan menurut saya lebih baik dari Kuta Bali karena dilengkapi dengan background perbukitan,batu karang besar dan beberapa pulau/bukit kecil serta hamparan pasir yang luas, juga kombinasi warna laut yang menarik.




Setelah selesai mengunjungi Red Island, saya menuju Tanjung Papuma yang menjadi tempat menginap di hari ketiga ini. Hari sudah sore sekitar pukul 6 ketika saya tiba di Papuma. Setelah mengurus penginapan, segera saya makan malam dan beristirahat.

Keesokan harinya saya bangun pagi-pagi untuk mengejar sunrise, dan saya beruntung selama 4 hari ini saya mendapatkan semua sunrise dan sunset =). Sunrise di Papuma cukup menarik, tetapi menurut saya hamparan pasir di Papuma tidak terlalu banyak, bahkan bisa dibilang sangat sedikit sehingga pantai itu terasa sangat ramai. Bagi pecinta kuliner, dapat mencicipi olahan makanan laut khas Papuma yaitu gurita. Selain gurita, ada ikan kerapu karang yang harus dicoba...rasanya sangat enak. 

Oh ya, di Papuma ini saya berhasil mendapatkan foto sunrise yang menarik...


jangan lupa di like ya di 500px.com/lisinhuan....kedepannya beberapa foto perjalanan saya yang menarik akan saya coba sharing disana =)...hehhehe.

Siang hari setelah puas di Papuma, perjalanan pulang menuju Surabaya dimulai. Dalam perjalanan pulang ini, saya mampir sebentar di Ranu Klakah dan Ranu Pakis daerah Probolinggo.

Secara singkat demikian perjalanan liburan kali ini, untuk lengkapnya bisa baca postingan sebelumnya ya sobat-sobat travelzmania.

Impression
Bagi The Tensai, perjalanan ini menyadarkan pentingnya andil kita dalam ikut menjaga keindahan, kelestarian, dan kebersihan alam yang menjadi tujuan wisata agar kedepannya tetap dapat dinikmati oleh penerus-penerus kita.

2 comments:

  1. Nice post ! Btw dari baluran - pantai pulau merah rute+ transportnya gimana yah ? Ada pginapan gak disekitar situ ? Mau ada rencana ke tempat2 itu soalnya, thanks ya !:)

    ReplyDelete
  2. soriii for late reply.....dari baluran ke pulau merah ambil arah banyuwangi aja, banyak petunjuknya kok nanti sepanjang jalan dari banyuwangi, tinggal ikutin petunjuknya

    btw, klo di baluran sendiri benernya butuh waktu lama, soalnya kita bisa sewa ranger disana......ntar kita bisa trekking ke sumber mata air Kacip....viewnya kata rangernya lebih bagus disana......trekking 4 jam klo ga salah ya

    selain itu kata rangernya juga, ada pantai yang lebih bagus dari Bama, namanya Pantai Bilik ama Pantai Sejile....klo mau kesana ntar bisa sewa perahu

    klo penginapan di Baluran ada di Bama ama Bekol,
    klo soal penginapan di Red Island kayaknya homestay ya disana......

    btw yang ga bisa The Tensai lupakan di Baluran itu liat sunset dari menara pandang Bekol =)

    ReplyDelete