Monday 18 August 2014

Sejejak Langkah di Kemegahan Kelud

Intermezzo
Kelud......gunung ini mendadak terkenal sampai di dunia internasional setelah meletus dengan efek yang dashyat di bulan Febuari 2014. Hujan abu pun menyebar ke beberapa daerah sampai ke Nusa Tenggara Barat, dan beberapa bandarapun terpaksa ditutup karena hujan abu tersebut.

Nah, lebaran 2014 kemarin, tepatnya pada 29 Juli, saya (The Tensai) berkesempatan mengunjungi Gunung Kelud ini. Rasa penasaran berkecamuk ingin melihat Gunung yang telah Go Internasional ini akibat letusannya beberapa bulan silam...Perjalanan menuju ke Kelud ditempuh sekitar 5,5 jam melewati rute Surabaya - Mojokerto - Pare - Wates. Sekitar pukul setengah 5 sore, saya akhirnya tiba disana.

Mysterious Road
Ada satu area yang cukup menarik sebelum kita tiba di area parkir, yaitu suatu area yang bernama "Mysterious Road".


Disini kita dapat merasakan dan menyaksikan fenomana dimana apabila mobil di nyalakan dengan kondisi persneling netral, maka akan bergerak maju sendiri sekalipun jalannya sedikit menanjak karena adanya medan magnetik.



Kelud Aftermath
Tidak jauh dari Mysterious Road tersebut, kita dapat menyaksikan kemegahan Gunung Kelud ini setelah erupsi...terlihat sangat megah.




Terowongan masuk masih tertutup pasir dan belum digali lagi ketika saya tiba disana, menunggu status normal dan ijin dari pusat/pemerintah untuk memperbaiki kerusakan infrastruktur yang terjadi akibat letusan Febuari kemarin.

Disamping jalan ketika sore matahari mulai tenggelam, terlihat indah juga........

Back to Surabaya
Setelah cukup lama menyaksikan kemegahan Gunung Kelud, saya memutuskan kembali ke Surabaya.....Sebelumnya saya mampir sebentar ke Museum Gunung Kelud yang berada di dekat area masuk Gunung Kelud.

Disini pengunjung dapat menyaksikan bioskop dokumenter tentang Gunung Kelud.

Selesai dari mengunjungi museum ini, perjalanan dilanjutkan ke Surabaya...yup, perjalanan kali ini berakhir...sebuah perjalanan yang sangat menarik, menyaksikan kemegahan Kelud setelah erupsi.....

Impression
Bagi saya perjalanan ini akan selalu membekas dalam benak saya karena ini pertama kalinya saya menyaksikan langsung kemegahan sebuah gunung yang baru saja meletus...megah dengan tanahnya yang masih gundul 

0 comments:

Post a Comment