Friday 3 July 2015

Singapore [26 - 29 Desember 2014] Pt.3 (Final Part)

Day 3 [28 Desember 2014]
Tujuan kami hari ini adalah Gardens by the Bay - Chinatown Complex - Buddha Tooth Relic Temple and Museum - bertemu Big Boss Farid a.k.a KoanK (dibayarin makan claypot, lagi baek Big Boss KoanK)

Gardens by the Bay
Setelah sarapan di hotel, kami langsung menuju ke Gardens by the Bay. Taman ini masuk dalam 10 taman terbaik dunia. Ada beberapa area disini misalnya Dragonfly & Kingfisher Lakes, Cloud Forest, Flower Dome, dll...tetapi kami hanya melihat-lihat outdoor gardens, naik ke OCBC Skyway, dan berjalan menuju Satay by the Bay untuk makan siang.

Ketika kami tiba disana masih agak sepi. Kami segera berkeliling melihat-lihat oudoor gardens dan melanjutkan menuju Dragonfly & Kingfisher Lakes. Cukup lama kami berkeliling karena kami meng-explore taman-taman yang ada  satu per satu.

Lebah yang sedang mencari madu

Setelah puas berkeliling, kami menuju ke OCBC skyway untuk menikmati view dari atas. Untuk dapat menaiki jembatan gantung ini, kita harus membayar sejumlah uang, untuk dewasa 5SGD. Dari sini, kita dapat melihat keindahan Supertree Groves dengan view yang berbeda.

View Supertree Groves dari OCBC Skyway

View dari OCBC Skyway

Oh ya, pengunjung yang naik ke OCBC Skyway hanya diberi waktu terbatas, mungkin sekitar 15 - 20 menit. Mungkin untuk bergantian dengan pengunjung lain, karena lintasan jembatan gantung tersebut cukup pendek.

Lintasan OCBC Skyway yang tidak terlalu panjang

The Tensai di OCBC Skyway

Setelah turun dari OCBC Skyway, kami menuju ke Satay by the Bay untuk makan siang dan beristirahat sejenak. Jarak dari OCBC Skyway ke Satay by the Bay cukup jauh, lumayan untuk membakar kalori sebelum makan =).

Ketika kami tiba di Satay by the Bay, beberapa counter masih tutup sehingga kami memutuskan untuk duduk-duduk dulu dan beristirahat sejenak sambil menunggu counter sate dibuka. Singkat cerita setelah menunggu beberapa saat, kami memesan makanan dan menikmati makan siang sembari bersantai disana.

Perjalanan berlanjut ke area sekitar Flower Dome dan Cloud Forest, kami hanya melihat-lihat sebentar di sana dan tidak masuk ke Flower Dome maupun Cloud Forest karena kami berencana melanjutkan perjalanan ke Chinatown untuk bertemu dengan salah satu Jenderal Travelzmania yaitu Big Boss KoanK yang juga sedang berada di Singapore dengan keluarganya. Dari sekitar FD dan CF kami melanjutkan perjalanan berkeliling sebentar sambil menuju ke tempat taxi, dari sana kami menuju ke Chinatown.

MBS terlihat dari Gardens by the Bay
Chinatown Complex - Buddha Tooth Relic Temple and Museum
Setibanya di komplek Chinatown, ortu The Tensai berbelanja oleh-oleh untuk keluarga. Setelah itu kami menuju ke Buddha Tooth Relic Temple and Museum yang terletak di 288 South Bridge Road, Singapore 058840. Kuil ini cukup terkenal dan masuk kedalam salah satu tujuan City Tour.

Beberapa tempat makan di Chinatown Complex
Buddha Tooth Relic Temple and Museum berdiri dengan indah
Ada 4 lantai yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Lantai pertama sepertinya adalah untuk tempat beribadah, lantai kedua dan ketiga adalah museum tempat untuk menaruh berbagai artefak, manuskrip, dan patung-patung Buddha. Lantai keempat sendiri adalah tempat penyimpanan Buddha Tooth Relic.
Bagian dalam Buddha Tooth Relic Temple and Museum serta figur atau artifak
Salah satu view di dalam Buddha Tooth Relic Temple and Museum

Dari lantai 4 ini, kami melanjutkan naik tangga ke bagian atap. Disini terdapat taman kecil dan patung 10000 Buddha (kalau tidak salah jumlahnya malah lebih dari 10000 patung kecil), juga tempat untuk berdoa sepertinya. Oh ya, dikarenakan Buddha Tooth Relic Temple and Museum ini adalah tempat ibadah maka pengunjung wajib untuk menggunakan pakaian yang sopan.

Pengunjung (kiri) tampaknya sedang melihat patung-patung kecil di dinding
Taman kecil di bagian atap
Setelah puas melihat kuil dan museum Buddha Tooth Relic ini, kami kembali berkeliling di komplek Chinatown sambil melihat-lihat toko yang ada sebelum akhirnya kembali ke tempat pertemuan dengan KoanK.

Suasana Chinatown
Di tempat pertemuan ini, sambil menunggu KoanK kami duduk-duduk dan bersantai menyaksikan para warga yang menari bersama di lapangan.

Warga menari bersama di lapangan
Setelah cukup lama menunggu, akhirnya Big Boss KoanK dan keluarganya tiba...setelah berkenalan satu sama lain, kami pun menuju ke foodcourt untuk menikmati claypot yang cukup terkenal. Nah, sore itu Big Boss KoanK sedang bermurah hati, sehingga dia mentraktir kami makan claypot =). Setibanya disana antrian masak sudah cukup banyak, kami memesan sekitar pukul 5 sore dan harus menunggu cukup lama sebelum tiba giliran kami. Sembari menunggu, The Tensai dan KoanK berkeliling membeli makanan lain untuk mengganjal perut. Sekitar pukul 6.45 makanan kami baru tiba, segera saja kami menyantapnya....rasanya cukup enak, ada sesuatu yang khas...

Akhirnya setelah selesai makan, The Tensai dan ortu berpisah dengan KoanK dan keluarganya. Kami segera menuju hotel untuk packing dan beristirahat karena besok kami sudah harus kembali ke Surabaya.

Day 4 [29 Desember 2014]
Pagi ini begitu selesai sarapan, kami segera kembali ke kamar untuk beres-beres. Sesaat kemudian kami check-out dan memesan taxi menuju ke Changi. Setibanya di Changi kami segera mengurus tiket dan paspor kemudian menuju social tree untuk berfoto sebentar. Selain social tree, kinetic rain yang berada didepan sebelum counter  pengurusan tiket dan bagasi juga cukup menarik terutama bagi yang baru pertama kali melihatnya.

Kinetic Rain
The Social Tree
Tujuan berikutnya adalah berkeliling membeli coklat dan snack, seperti biasanya, The Tensai membeli banyak coklat dan snack...maklum, The Tensai adalah penggemar coklat, terutama dark chocolate. Setelah berbelanja coklat, sambil menunggu waktu keberangkatan, kami mampir ke Cactus Garden untuk menghabiskan waktu.

Fiery Skipper @Cactus Garden Changi Airport
Setelah melihat-lihat Cactus Garden kami menuju ke ruang tunggu untuk keberangkatan. Berhubung masih ada sedikit waktu, The Tensai bergegas menuju Butterfly Garden di terminal 3 sementara ortu The Tensai menunggu di dekat ruang tunggu keberangkatan. Setibanya di Butterfly Garden, mata langsung dimanjakan dengan warna warni bunga dan kupu-kupu yang ada...bagus, recommended untuk menghabiskan waktu menunggu keberangkatan.

Larva di Butterfly Garden - Terminal 3 Changi Airport
Kupu-kupu dan bunga-bunga yang indah di Butterfly Garden - Terminal 3 Changi Airport
Another gorgeous butterfly - Butterfly Garden Terminal 3 Changi Airport
Beautiful and exotic butterfly @Butterfly Garden Changi Airport
Another one =) @Butterfly Garden Changi Airport
Berbagai jenis kupu-kupu dapat di temukan di Butterfly Garden ini
Setelah melihat-lihat sebentar, The Tensai segera bergegas kembali menghampiri ortu untuk bersama-sama menuju ke ruang tunggu keberangkatan. Setibanya disana, kami segera antri untuk pemeriksaan dan menunggu pesawat yang akan membawa kami ke  Surabaya. Tidak perlu lama menunggu, sesaat kemudian kami sudah diijinkan untuk memasuki pesawat dan selanjutnya menuju ke Surabaya...dengan demikian perjalanan kali ini berakhir =)