Sunday 11 December 2016

Kembali ke Baluran

Melanjutkan perjalanan dari Gunung Ijen, The Tensai and famz menuju Taman Nasional Baluran. Taman Nasional ini terletak di daerah Situbondo, Jawa Timur. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke tempat ini, untuk mendapatkan sedikit suasana Afrika bisa mengunjunginya saat musim kemarau. Di musim kemarau, rumput-rumput di savana bekol akan menguning.

Tidak banyak sih yang akan The Tensai sharing kali ini, klo sobat-sobat travelzmania ingin tahu lebih banyak tentang Baluran bisa baca postingan The Tensai yang dulu mengenai Taman Nasional Baluran di waktu libur Natal dan Tahun Baru.

Tiba disana sore hari, kami langsung menuju ke penginapan di Pantai Bama. Sesaat kemudian, The Tensai diantar menuju ke Savana Bekol karena ingin hunting foto sebentar sambil menikmati view di Savana Bekol. Setibanya di Savana Bekol, The Tensai langsung naik ke menara pandang yang ada disana....sayang sekali, kondisi menara pandang sudah kurang terawat dibandingkan dengan waktu pertama kali The Tensai mengunjungi Baluran. Namun tetap saja, bagi pecinta alam menyaksikan view savana dari atas menara pandang sungguh menyenangkan....pikiran menjadi tenang dan damai.

Kawanan Rusa - View Dari Menara Pandang
View Savana Bekol dan Gunung Baluran Dari Menara Pandang
View Lain Dari Menara Pandang

Puas di menara pandang, The Tensai melanjutkan dengan berkeliling di sekitar penginapan/wisma di Bekol sambil menikmati suasana savana di sore hari.

Merak di Savana Bekol









Monyet di Pohon
Siluet di Sore Hari Dekat Savana Bekol


Beberapa saat kemudian, The Tensai di jemput dan kembali menuju ke Pantai Bama. Saat tiba disana, terlihat banyak sekali monyet yang sepertinya sedang mencari makan di Laut yang sedang surut.

Monyet Yang Mencari Makan di Sore Hari di Pantai Bama
Laut di Pantai Bama Yang  Sedang Surut di Sore Hari
Setelah menyaksikan tingkah laku kawanan monyet tersebut, kami menuju ke wisma tempat kami menginap dan beristirahat. 

Keesokan Hari 
Pagi hari di Pantai Bama memang indah, kita dapat menyaksikan laut yang berwarna keemasan terkena cahaya matahari. Saat The Tensai mondar mandir menikmati keindahan pagi hari tersebut, The Tensai melihat ada satu pohon yang daunnya sudah rontok, langsung saja The Tensai beraksi mengambil gambar siluet pohon tersebut.

Pagi Hari di Pantai Bama





Siluet Pohon di Pantai Bama
Sekitar pukul 8 pagi, The Tensai memutuskan untuk berkeliling menuju bekol sendirian sambil hunting foto. Di Pagi hari, banyak sekali kelompok kawanan Rusa di sepanjang Savana Bekol.

Kawanan Rusa
Ketika hampir tiba di wisma-wisma Bekol, The Tensai melihat dari jauh kawanan merak yang sedang minum di kubangan air yang ada di savana. The Tensai segera memarkir mobil dan mengambil foto kawanan merak tersebut.

Kawanan Merak di Savana Bekol


Sebelum kembali ke Pantai Bama The Tensai juga memotret Savana Bekol dengan background Gunung Baluran yang indah.

Savana Bekol Dengan Background Gunung Baluran


Setibanya di Pantai Bama, The Tensai segera beristirahat dan bersiap-siap untuk pulang kembali ke Surabaya.

Dalam perjalanan menuju Savana Bekol dari Pantai Bama, kembali kami menemui kawanan rusa yang sedang merumput di savana. Rusa dengan tanduknya yang bercabang terlihat sangat anggun dan gagah.

Gagahnya Sang Rusa


Rusa - Rusa Berlari Bebas

Pagi itu jalanan di Savana Bekol sangat sepi, tidak seperti kemarin yang cukup banyak kendaraan.

Jalan di Savana Bekol Menuju Pantai Bama


Ditengah perjalan kami di Savana Bekol, kami melihat kawanan kerbau liar yang merumput dan bertemu pula dengan pengunjung lain yang berkunjung, mereka malah memotret kawanan kerbau liar tersebut dari atas menggunakan drone. Sembari kami ngobrol santai dengan mereka, The Tensai memotret kerbau - kerbau liar tersebut dan kendaraan yang kami gunakan dalam rangkaian perjalanan kali ini yang sudah berbalut debu dan lumpur.

Mobil Yang Kami Gunakan
Kerbau Liar Sedang Merumput di Savana Bekol
Oh ya, bagi pengunjung di savana perlu waspada juga bila masuk ke area savana karena berdasarkan pemberitahuan dari penjaga disana, savana merupakan habitat ular...bahkan di dekat area kawanan kerbau liar tersebut ada papan peringatan.

Papan Peringatan

Sesaat kemudian kami melanjutkan perjalanan pulang, dan sebelum keluar dari area Savana Bekol kami singgah sebentar di area penangkaran Banteng Jawa.

Anak Banteng Jawa

Banteng Jawa
Sekian perjalanan kali ini.....salam =)

0 comments:

Post a Comment